Realisasikan Pelayanan ke Masyarakat, BPKK PKS Inhu Gelar Maulid Nabi dan Peluncuran Perdana RKI Tingkat Desa

PASIR PENYU – Sabtu (6/11/) sore kemarin, menjadi hari bersejarah bagi perjalanan dan sepak terjang Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Indragiri Hulu.

Pasalnya, bidang yang bergerak dibawah komando Nelly Ocsifiani SPd ini berhasil meluncurkan Rumah Keluarga Indonesia (RKI) di tingkat desa.

Keharuan dan kebahagiaan tampak sekali terpancar dari seluruh pengurus RKI yang hadir di kediaman Ketua RKI Kelurahan Air Molek 1, Sari Purwanti. Agenda tersebut dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Acara Peringatan Maulid Nabi juga tak kalah meriah. Tampak hadir di tengah-tengah acara, Ketua DPC PKS Pasir Penyu Adrian Amir SE dan Ketua DPD PKS Inhu Muhammad Syafaat SHI ME yang juga sebagai penceramah pada kesempatan itu, para tokoh masyarakat, cerdik pandai, Ketua RT, dan Ketua RW setempat.

“Kami sangat bergembira menyambut Ustadz Syafaat dan rekan-rekan untuk peringatan Maulid Nabi, dan kehadiran ibu-ibu dari RKI. Sampai-sampai kami menaja gotong royong untuk menyambut. Masalahnya, belum pernah di tempat kami diadakan acara semeriah ini. Harapan saya, jangan sekali saja acara seperti ini, semoga RKI ke depan, bisa memberikan manfaat yang banyak lagi bagi kami,” ujar Ketua RW 01 Mulyadi, saat menyampaikan kata sambutan.

Sebelumnya, kegiatan RKI berfokus pada pelayanan masalah konsultasi rumah tangga. Namun, saat ini telah melebarkan sayap lebih kepada pelayanan terhadap masyarakat dalam segala bentuk kegiatan.

Harapan RKI Indragiri Hulu, masing-masing RKI nantinya memiliki kegiatan khas. Misalnya, taklim rutin, yasinan, pelatihan keterampilan, serta membentuk komunitas pecinta lingkungan. Mulai dari pecinta tanaman hias, tanaman obat, pejuang sampah, memberdayakan limbah, dan sebagainya.

Selain itu, ada pula model lainnya yang dapat dijadikan spesifikasi kegiatan pelayanan, seperti konsultasi kesehatan dan senam sehat, membuat layanan dan bimbingan via media sosial, mendirikan pustaka RT, RW, dan desa, kegiatan konsultasi rumah tangga, one day one juz (ODOJ), dan sebagainya.

“RKI ini wujud khidmat PKS dalam peran perluasannya sebagai perempuan. Masih jauh perjalanan kami menuju terbentuknya 194 RKI berdiri di Indragiri Hulu. Semoga berkat terealisasinya ‘launching’ RKI, akan menambah khidmat PKS untuk masyarakat di setiap desa,” ujar Nelly.

“Insyaallah, kegiatan pelayanan RKI akan kami mulai gencarkan di Air Molek 1, dengan membuat kegiatan pengajian rutin dan mengasah keterampilan ibu-ibunya,” papar Sari Purwanti disela-sela acara.

Dari Aisyah r.a, dia berkata, “Aku belum pernah sama sekali melihat wanita yang lebih baik dalam soal agama dibandingkan Zainab (Binti Zahsy) yang paling takwa kepada Allah, yang paling benar berbicara, yang paling suka menyambung silaturrahmi, serta paling suka mengorbankan dirinhya untuk pekerjaan yang dengan pekerjaannya itu, ia bisa bersedekah dan mendekatkan diri kepada Allah.” (HR. Muslim)

Hadis di atas menjadikan perempuan PKS senantiasa bersemangat untuk menjadi perempuan berpengaruh di abad ini, khususnya negeri tercinta, Indonesia.

Sama-sama kita doakan, agar upaya BPKK PKS Inhu dengan RKI sebagai program andalannya, dapat menjadi wasilah pelayanan rakyat. Soal menang atau kalah dalam Pileg ke depan, itu perkara kesekian, yang pasti PKS selalu ada membersamai masyarakat.

Penulis: Nelly Ocsifiani

Editor: Rio Syaputra

Baca Juga

Pasar Sri Gading dan Beasiswa Disorot Fraksi PKS dalam Pandangan Umum RAPBD Inhu 2022

  INHU – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Indragiri Hulu menyampaikan pandangan umum atas …