Perlombaan LBKK dan LHQ Fraksi PKS DPRD Inhu Diharapkan Bisa Dilaksanakan Secara Konsisten

Untuk pertama kalinya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Inhu menyelenggarakan Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) dan Lomba Hafalan Quran (LHQ) Surat Yassin, Ahad (21/11), di Wisma Happy, Pematang Reba.

Kegiatan ini didukung oleh Fraksi PKS DPRD Kabupaten Inhu dan diikuti oleh pondok pesantren, BKMT, dan majelis taklim se-Kabupaten Inhu.

Ketua Panitia Pelaksana LBKK dan LHQ Abdul Kemal Batubara LC MH menyampaikan, bahwa program ini bagus untuk dilaksanakan secara konsisten.

“Sebenarnya LBKK ini merupakan program turunan Fraksi PKS DPR RI yang sudah ada 5 tahun terakhir ini. Kitab kuning itu ciri khas pesantren, nah melalui LBKK ini kita ingin mengajak pesantren-pesantren yang ada di Indonesia dan kabupaten Inhu secara khusus, agar mempertahankan kurikulum yg bermuatan bahasa Arab dan kitab kuning,” sebutnya.

Ketua Bidang Pembinaan Umat (BPU) DPD PKS Inhu itu menerangkan, akhir-akhir ini banyak pesantren yang punya program unggul di bidang hafal Qur’an.

“Ini tentu baik.Tapi alangkah lebih baik kitab kuning juga dimasukkan dalan program unggulan. Karena kitab kuning ini sumbernya juga adalah Al Qur’an,” kata Kemal.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKS DPRD Inhu Muhammad Syafaat SHI ME menyampaikan, saat ini Lomba Baca Kitab Kuning menjadi perlombaan paling bergengsi di pondok pesantren.

“Dan kini lomba ini menjadi kegiatan wajib dan populer di kalangan Partai Keadilan Sejahtera,” kata Syafaat.

Kegiatan Lomba ini sudah berlangsung lama di Parlemen Indonesia, yang diinisiasi oleh Fraksi PKS DPR RI. Sebagai pembuka, acara yang berlangsung dari pagi hingga sore hari ini cukup meriah, sederhana dan Khidmat.

Lomba Baca Kitab Kuning diikuti beberapa pondok pesantren di Kabupaten Inhu, diantaranya, Pesantren Tebu Ireng, Pesantren Khairul Ummah, Pesantren Imam Malik, Pesantren Darussalam, dan Pesantren Modern Syamsudin.

“Terima kasih juga kepada “Emak Emak” BKMT dan Majelis Taklim yang sudah bersemangat mengikuti kegiatan Lomba Hafalan Yaasiin,” ucap Syaafat.

Dewan Hakim pada perlombaan ini dipercayakan kepada Ustadz Novri Naldi Sapni Lc (Aksi Indosiar), Ust Mustakim Lc, serta Ustadz Abdul Qadir SPdI, dan Ustadz Abdul Kemal Batubara Lc MH.

Sementara itu, untuk penutupan dan pengumuman pemenang sekaligus pembagian hadiah akan dilakukan pada 30 November mendatang.

Baca Juga

Realisasikan Pelayanan ke Masyarakat, BPKK PKS Inhu Gelar Maulid Nabi dan Peluncuran Perdana RKI Tingkat Desa

PASIR PENYU – Sabtu (6/11/) sore kemarin, menjadi hari bersejarah bagi perjalanan dan sepak terjang …